Rangkuman
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengertian IMK adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan computer yang meliputi perancangan, evaluasi dan implementasi antarmuka(Interface) pengguna komputer agar mudah dipahami dan digunakan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Hal yang harus diperhatikan dalam membuat interface:
-
User friendly (bagus, mudah digunakan, mudah dipelajari dan nyaman)
-
Berkualitas tinggi yang dikagumi orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
-
Mengurangi biaya penulisan program. Karena 70% penulisan program berhubungan dengan antarmuka.
-
Mempermudah penjualan produk. Ketika suatu produk di jual, hal pertama yang akan dilihat adalah tampilan, apabila menarik akan banyak yang menggunakan.
-
Meningkatkan kegunaan computer pada organisasi
-
Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer
-
Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
-
Penggunaa prototype
-
Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi prototype yang telah dibuat.
-
Teknik elektronika / ilmu computer
Digunakan
untuk memahami tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang akan
digunakan.
-
Psikologi
Untuk
mengetahui sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda
-
Perancangan grafis dan typography
Memberikan
pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gambar akan
lebih bermakna dari pada tulisan.
-
Ergonomic
Aspek
fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
-
Antropologi
Memberikan
pemahaman tentang kerja manusia yang kadan berkelompok pada waktu dan
tempat yang sama maupun berbeda.
-
Linguistic
Memberikan
pemahaman tentang bahasa sehingga dapat memilih bahasa yang tepat
untuk digunakan.
-
RPL
Menciptakan
program yang efektif, efisien dan user friendly.
-
Kecerdasan Buatan
Agar
computer mampu mengerjakan pekerjaan sebaik manusia.
-
Multimedia
Sebagai
sarana dialog yang efektif antara manusia dan computer.
1. Penglihatan
-
Luminans = banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek.
-
Kontras = hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh objek dengan cahaya latar belakang objek itu sendiri.
-
Kecerahan = tanggapan subyektif terhadap cahaya.
-
Sudut penglihatan = sudut yang berhadapan oleh objek pada mata (seberapa banyak area dari pandangan objek yang tertangkap).
-
Ketajaman penglihatan = kemampuan mata untuk mempersepsikan gambaran detail objek yang dipandang dengan jelas
-
Medan penglihatan = sudut yang dibentuk oleh mata ketika bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh.
-
Warna = hasil dari cahaya yang berbentuk hue, intensity dan saturation
Dengan
pendengaran, informasi yang diterima oleh mata akan menjadi lebih
lengkap dan akurat.
Berfungsi
untuk mengenali lingkungan manusia melalui rabaan. Sentuhan
berhubungan dengan aspek ergonomis baik melalui media inputan maupun
media keluaran.
4. Pemodelan
sistem pengolahan
-
Pengendalian motorik
-
Kelompok pengguna
-
Sedikit pengetahuan
-
Asing dengan software
-
Memerlukan action
-
Step-by-step tutorial sangat membantu
-
Mengetahui fungsi software
-
Kesulitan mencari letak fungsi yang diketahui
-
Proteksi dari bahaya diperlukan karena mulai melakukan eksplorasi
-
Online help dan dokumentasi sangat membantu
-
Ahli dan mengetahui secara detail kegunaan fungsi dari software
-
Dapat menggunakan software secara optimal
-
Membutuhkan respon yang cepat dan tidak membutuhkan feedback
-
Menu yang dibuat ringkas dan cepat.
-
Input device = perangkat keras computer yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam computer
-
Output device = perangkat keras computer yang digunakan untuk menghasilkan keluaran
-
Processor = perangkat utama computer yang digunakan untuk mengelola seluruh aktifitas computer. Processor terdiri dari 2 bagian:
-
ALU = bagian yang khusus mengolah data aritmatika dan logika
-
CU = komponen untuk mengontrol kerja semua perangkat yang terpasang pada komputer
-
Memori
-
ROM = memori yang hanya bisa di baca dan sudah diisi oleh pabrik pembuat computer
-
RAM = memori yang dapat diakses secara random yang berfungsi untuk menyimpan data sementara.
-
Komponen Komputer
-
Hardware = peralatan fisik dari computer yang dapat dilihat dan dirasakan.
-
Software = program computer yang digunakan untuk menjalankan suatu pekerjaan.
-
Brainware = pengguna yang terlibat secara langsung dalam pemakaian computer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar